Langsung ke konten utama

Pengenalan Swing



Java Swing merupakan library java yang digunakan untuk menciptakan Graphic User Interface (GUI) yang berbasis cross platform atau OS independent. User Interface yang dibangun dengan Java Swing dapat dijalankan pada sistem operasi apa saja yang mendukung Java dengan tampilan yang relatif sama, bahkan dapat menyerupai user interface  Windows XP, Mac OS, atau Linux.

 Arsitektur Swing
Swing merupakan platform-independet, Model View Controller framework untuk Java yang mengikuti model pemrograman tunggal. Arsitektur dari swing terdiri dari :

1.        Platform Independent
Swing dapat digunakan diberbagai platform seperti Windows OS, Mac OS dan Linux karena ekspresi Java dan implementasinya hampir sama untuk berbagai platform.
2.        Extensible
Swing merupakan arsitektur terpartisi, yang memungkinkan untuk penggunaan implementasi berbagai framework interface tertentu. Pengguna dapat menyediakan kustom implementasi sendiri dari komponen untuk menggantikan implementasi default. Secara umum, pengguna Swing dapat menambahkan framework dengan memperluas framework yang sudah ada dan/atau menyediakan implementasi alternatif komponen inti. Swing juga merupakan framework berbasis komponen, dimana komponen Swing adalah komponen Java Beans yang kompatible dengan spesifikasi Java Beans Component Architecture.
3.        Customizable
Atas dasar model program rendering dari framework Swing, kendali atas rincian rendering komponen dimungkinkan dalam Swing. Representasi visual dari komponen Swing pada umumnya berupa satu set standar elemen. Pengguna program biasanya menyesuaikan komponen Swing standar dengan menetapkan beberapa elemen untuk membuat visualisasi kontrol GUI yang unik.
4.        Configurable
Swing bergantung pada mekanisme runtime dan pola komposisi tidak langsung untuk merespon perubahan pengaturan secara run-time. Contohnya aplikasi berbasis Swing dapat mengubah tampilan pada saat run-time, dimana pengguna dapat memberikan tampilan mereka sendiri dan diimplementasikan tanpa perubahan apapun pada kode program.
5.        Loosely-Coupled and MVC
Pustaka Swing memanfaatkan pola model/view/controller (MVC) desain perangkat lunak secara konseptual pasangan data yang dilihat dari kontrol interface pengguna melalui yang dilihat. Karena hal tersebut, komponen Swing dikaitkan model dan programmer dapat menggunakan berbagai macam implementasi atau menyediakan sendiri implementasi tersebut. Pengguaan framework swing tidak memerlukan penciptaan model, karena telah tersesia satu set implementasi yang transparan secara deault, yang terkait dengan kelas Jcomponent di pustaka Swing. Komponen yang kompleks mungkin memerlukan implementasi model disekitar data spesifikasi aplikasi seperti : tabel dan tree.

 Komponen Dasar Swing
Secara umum, komponen Swing terdiri dari lima bagian yang sering digunakan, yaitu :
1.    Top-level Container
Merupakan container dasar dimana komponen lainnya diletakkan. Top-level Container ini terdiri dari Frame, Dialog, dan Applet yang diimplementasikan dalam class JFrame, JDialog, dan JApplet.
2.    Intermediate Container
Merupakan komponen perantara untuk peletakkan komponen lainnya, yaitu kelas JPanel.
3.    Atomic Container
Merupakan komponen yang memiliki fungsi spesifik dan biasanya user berinteraksi langsung dengan jenis komponen ini. Komponen ini terdiri dari : JButton, JTextField, dan JTextArea.
4.    Layout Manager
Layout Manager berfungsi untuk mengatur posisi dari komponen yang diletakkan pada container. Terdapat lina macam layout, yaitu : kelas BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout, GridBagLayout dan GridLayout.
5.    Event Handling
Event Handling  berfungsi untuk menangani event  yang dilakukan user, misalnya menekan tombol, mengklik mouse dan lain sebagainya.

Komentar

  1. Casino Online | Best Bonuses, Free Spins & No Deposit
    In terms of bonuses you op사이트 will nextbet always find promotions to get their 네이버 룰렛 best 강원랜드칩걸썰 bonuses. Here you'll 슬롯머신 find casino online.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Perangkat Lunak

Pengujian perangkat lunak merupakan suatu investigasi yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari produk atau layanan yang sedang diuji. Pengujian perangkat lunak juga memberikan pandangan mengenai perangkat lunak secara obyektif dan independen, yang bermanfaat dalam operasional bisnis untuk memahami tingkat risiko pada implementasinya. Teknik-teknik pengujian mencakup, namun tidak terbatas pada, proses mengeksekusi suatu bagian program atau keseluruhan aplikasi dengan tujuan untuk menemukan “ bug ” perangkat lunak. Bug merupakan suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Bug umumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras. Pengujian perangkat lunak merupakan suatu tahapan penting dalam pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan dengan cara mengevaluasi konfigurasi perangkat lunak yang terdiri dari s...

Alur Pembuatan Program

Seorang programmer tidak melakukan pembuatan dan pengkodean program secara begitu saja, namun mengikuti perencanaan  dan metodologi yang terstruktur yang memisahkan proses suatu aplikasi menjadi beberapa bagian. Berikut ini langkah – langkah sistematis  dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman : 1.  Mendefiniskan masalah 2.  Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah 3.  Desain Algoritma dan Representasi 4.  Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi

Ruby on Rails - Sebuah Ringkasan

David Heinemeier Hansson menciptakan Ruby on Rails dengan prinsip Convention over Configuration, yaitu kerangka kerja yang meminimalkan kebutuhan konfigurasi rumit. Rails dirancang dengan konvensi bawaan yang kuat sehingga memudahkan pengembangan dan perubahan aplikasi. Rails bersifat open source dan dibangun dengan bahasa pemrograman Ruby, yang terkenal sederhana dan ekspresif. Rails memungkinkan pengembangan cepat, misalnya menambahkan resource baru melalui RESTful routes dan tampilan templated dengan mudah. Rails memiliki komunitas besar dan berpengalaman, sehingga solusi mudah ditemukan melalui Stack Overflow, GitHub issues, blog, tutorial, maupun buku. Dengan dukungan tersebut, masalah biasanya bisa cepat teratasi hanya dengan pencarian di Google. Rails Conventions Rails menggunakan pola MVC (Model-View-Controller) untuk mengatur arsitektur aplikasi. Model Berhubungan langsung dengan database melalui ActiveRecord ORM . ...