Langsung ke konten utama

Postingan

Sistem Pendukung Keputusan

Pengambilan keputusan mrupakan proses pemilihan alternative tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pendekatan sistematis terhadap permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta ditambah dengan faktor-faktor yang  perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) / Decision Suport Sistem (DSS) pertama kali diungkapkan pada awal tahun 1970-an oleh Michael S. Scott Morton dengan instilah Management Decision Sistem . Sistem tersebut adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukkan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur.

Definisi Komputer

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah komputer ( computeter ) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung ( to compute atau reckon ). Menurut buku Computer Annual  ( Robert H. Blissmer ) : Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melaksanakan beberapa tugas sebagai berikut : -  Menerima input. -  Memproses input tadi sesuai dengan programnya. -  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan. -  Menyediakan output dalam bentuk informasi.  Menurut buku  Computer Today  ( Donald H. Sanders ) : komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secata otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori ( stored programi ).   Menurut buku  Computer Organization...

Pengujian Hipotesis

Hipotesis dapat didefinisikan sebagai pernyataan mengenai satu atau beberapapopulasi.  Secara umum dapat dibedakan hipotesis atas : hipotesis riset dan hipotesis statistik. Hipotesis riset adalah hipotesis yang dirumuskan oleh seorang peneliti ahli (sample surveyor atau experimenter) yang biasanya bukan seorang ahli statistika. Sedangkan hipotesis statistik adalah hipotesis yang yang dirumuskan dengan statistika. Ada dua macam hipotesis statistik, yakni hipotesis nol (null hypothesis) yang dinotasikan dengan H0 dan hipotesis tandingan (alternative hypothesis) atau hipotesis alternatif atau hipotesis satu yang dinotasikan dengan Ha atau H1.

Sistem Numerik

Bilangan dapat disajikan dalam beberapa cara. Cara penyajiannya tergantung pada Basis (BASE) bilangan tersebut. Terdapat 4 cara utama dalam penyajian bilangan. 1 Sistem Bilangan Desimal Manusia umumnya menggunakan bilangan pada bentuk desimal. Bilangan desimal adalah sistem bilangan yang berbasis 10. Hal ini berarti bilangan – bilangan pada sistem ini terdiri dari 0 sampai dengan 9. Berikut ini beberapa contoh bilangan dalam bentuk desimal : 126 10 (umumnya hanya ditulis 126) 11 10 (umumnya hanya ditulis 11)

Alur Pembuatan Program

Seorang programmer tidak melakukan pembuatan dan pengkodean program secara begitu saja, namun mengikuti perencanaan  dan metodologi yang terstruktur yang memisahkan proses suatu aplikasi menjadi beberapa bagian. Berikut ini langkah – langkah sistematis  dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman : 1.  Mendefiniskan masalah 2.  Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah 3.  Desain Algoritma dan Representasi 4.  Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi

Sekilas Bahasa Pemrograman

Apa yang Disebut Bahasa Pemrograman? Bahasa pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Layaknya bahasa manusia, setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu. Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer untuk secara spesifik apa yang akan dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap ”bahasa manusia”.

Pembulatan Angka Desimal pada Java

Ada beberapa cara pembulatan pada java. Misalnya pada angka 2.123456 ingin kita bulatkan dengan dua angka di belakang koma sehingga menjadi 2.12. Untuk kasus contoh ini caranya adalah sebagai berikut:   double a1 = 1.2345678; DecimalFormat twoDForm = new DecimalFormat("#.##"); double a2 = Double.valueOf(twoDForm.format(a1)); System.out.println(a2); // jika dikalikan maka yang digunakan adalah angka yang terakhir (a2) bukan yang awal (a1): double a3 = a2 * 123; System.out.println(a3); “#.##” menunjukkan dua angka di belakang koma, kalau empat angka tinggal tambahkan tanda ‘#’ empat angka di belakang koma.

Pengujian Perangkat Lunak

Pengujian perangkat lunak merupakan suatu investigasi yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari produk atau layanan yang sedang diuji. Pengujian perangkat lunak juga memberikan pandangan mengenai perangkat lunak secara obyektif dan independen, yang bermanfaat dalam operasional bisnis untuk memahami tingkat risiko pada implementasinya. Teknik-teknik pengujian mencakup, namun tidak terbatas pada, proses mengeksekusi suatu bagian program atau keseluruhan aplikasi dengan tujuan untuk menemukan “ bug ” perangkat lunak. Bug merupakan suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Bug umumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras. Pengujian perangkat lunak merupakan suatu tahapan penting dalam pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan dengan cara mengevaluasi konfigurasi perangkat lunak yang terdiri dari s...

Pengertian Aplikasi

Aplikasi merupakan sekumpulan elemen yang saling berinteraksi dan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya dalam melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Pada Wikipedia (id.wikipedia.org) aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan langsung utnuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer.

Pengenalan AWT (Abstract Window Toolkit )

AWT atau Abstract Window Toolkit adalah salah satu platform-independent Java untuk windowing, graphics, dan user-interface widget toolkit. Saat ini, AWT sudah termasuk ke dalam bagian dari Java Foundation Classes (JFC), yaitu standar API untuk pemrograman Java berbagis GUI. AWT merupakan GUI toolkit untuk beberapa profile Java ME, seperti konfigurasi alat yang terhubung meliputi Java runtimes pada mobile telephone untuk mendukung AWT. Arsitektur AWT AWT menyediakan dua tingkat API, yaitu : 1.     Interface umum antara Java dengan sistem asli, digunakan untuk windowing , layout manager . API ini merupakan inti dari pemrograman Java GUI dan juga digunakan oleh Swing dan Java 2D yang berisi : a.     Interface antara sistem windowing asli dan aplikasi Java. b.     Inti dari event  subsistem GUI. c.     Beberapa layout manager . d.    Interface untuk perangkat input seperti mouse dan keyboar...